Simbiosis Pertemanan

Aku tidak memilih-milih siapa saja yang ingin berteman denganku,
Aku senang berteman dengan siapa saja.
Aku senang memedulikan dan dipedulikan, itu hubungan timbal-balik. Sismbiosis mutualisme. itu adil.

Aku rela menjadi objek dalam simbiosis komensalisme,
Apa kamu merasakannya? Bahagia dengan kebahagiaan orang lain, meskipun kamu tak diuntungkan oleh kebahagiaan itu.
Andai saja, Ikan hiu turut merasa bahagia ketika ikan remora mencari makan di sela gigi ikan hiu.

Tapi sayangnya,
Hidup tidak selalu tentang kebahagiaan.
Hidup memiliki lembaran lain yang dikonotasikan sebagai lembaran hitam.
Hidup juga bercerita tentang rasa sakit.
Rasa sakit menjadi korban parasitisme.
Tapi bukankah masih ada kebahagiaan dalam simbiosis parastisme?
Kebahagiaan sepihak.



untukku, menjadi pemeran dari setiap simbiosis pertemanan adalah kebahagiaan itu sendiri.
Kebahagiaan tanpa pengungkapan dalam lisan atau tulisan.
AKU MERASA SANGAT BAHAGIA.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer