Wisata Kalimantan Barat

sapaan terhangat untuk para pembaca budiman :)
dalam kesempatan kali ini saya berbagi cerita dari saudara laki-laki saya yang senang berwisata,
ketika membacanya dengan seksamanya, maka kita semakin menyadari kekayaan alam INDONESIA. Jika ada di indonesia, kenapa harus keluar negeri?

1. Pulau Randayan ( Randayan Island )

Lihat pulau dibelakangnya, jangan orangnya :D


liburan kali ini adalah liburan / perjalanan terakhir tahun 2012... karena perjalanan kali ini tepat di lakukan di tanggal (31-12-12). yeaaaah randayan island adalah tujuan perjalanan kali ini. mungkin bagi masyarakat KALBAR randayan island sudah sering kali tersengar di telinga mereka, tapi sudah pada pergi belum???? jangan cuma denger nama doang donk nih nyonya dan tuan2. kunjungi donk wisata bahari dalam negeri.

nih ada info dari pak penulis....
perjalanan dari pontianak - teluk suak diperkirakan sekitar 2 jam setelah itu , melanjutkan perjalanan menggunakan speed boat yah lebih tepatnya motor air. perjalanan dari teluk suak - randayan island biasanya di kenakan tarif Rp. 10.000 -25.000 / orang, naaaaaah tergantung nasib, muka , dan garis tangan deh hihihihi. jika pergi dengan rombongan, kita juga dapat menyewa motor air tesebut.


pulau radayan memiliki karakter tersendiri...
- bagian pesisir yang berbatu nah jangan coba2 berenang di area ini bahaya banget tuan-tuan and nyonya-nyonya.
-bagian yang berpasir putih " nah ini tempat yang tepat buat yang ingin berenang dan yang hanya sekedar main air.
- bagian semak belukar, maklum objek wisata yang butuh perhaian ( ayo donk pemda bengkaang..... ini aset mu loh, jangan sampai ga di rawat dan di jaga.)

untuk yang ingin Snorkeling and diving ... bisa di coba di sini, karena di sekitar randaya ada spots yang menawan. yang terpenting di sekitar pulau randaan ada beberapa gugusan pulau kecil seperti pulau lemuk hutan, pulau penata, pulau kabung.


Ini alat transportasi menuju pulau randayan. Katanya ini speed boat namun menurut penulis ini motor air.

Pantai sebelah kanan

Pantai Sebelah kiri
 
Ini sisi pantai yang menghadap pulau lemukutan

Lelah? tersedia penginapan( Rp 300.000,- hingga Rp 500.000,- / hari )

Lapar? ada kantin dan ibu kantin yang siap melayani. Pada desember 2012 ini adalah satu-satunya kantin yang menjadi superhero bagi perut wisatawan.


kenali negerimu, cintai negerimu

2. Air Terjun Tikalong ( Tikalong Waterfall )



 Tempat wisata air terjun tikalong terletak di kabupaten landak. tempat wisata ini berjarak kira-kira 110 KM dari kota pontianak di tempuh dalam waktu 2,5jam dengan kendaraan roda dua atau roda empat. air terjun tekalong masih alami dan berpotensial untuk di jadikan tempat rekreasi keluarga yang juga akan menambah pendapatan daerah, tapi sayang pemerintah daerah setempat belum maksimal dalam memberdayakan potensi wisata yang ada sehingga potensi wisata yang ada terkesan tak terurus.

Menjadi wisata bagi warga setempat
 
3. Sungai Kapuas ( Kapuas River )
 

 Sungai Kapuas di Kota Pontianak dengan latar belakang jembatan (yang dulunya 'tol' ). perhatikan sungainya, bukan orang yang lagi duduk :D
 
Jika anda pembaca budiman yang mencintai indonesia, tentu mengetahui sungai kapuas. sungai terpanjaaaaaaang se-INDONESIA yang terletak di pulau ke-3 terbesar di dunia yaitu pulau kalimantan. tanpa perawatan yang memadai bisa menjadi sungai ter-miris T.T Sungai yang konon katanya memiliki  banyak cerita jika diminum airnya ( lirik lagu 'aek kapuas' - hanya lirik lagu bukan untuk dipraktekkan )

Nah, yang ingin dipamerkan disini adalah meriam karbit ( Karbit Canon ) yang begitu ramai dipadati masyarakat dan wisatawan karena hanya ada di waktu bulan ramadhan (bulan puasa - hingga lebaran )

Meriam Karbit, Tradisi meriah yang fantastik.
 
Pengalaman Pribadi dan Foto milik Ridho Anugrah Pradipta.
Menghargai dan dihargai itu sangat penting :)

 Kenali negerimu, cintai negerimu :)

Komentar

Postingan Populer