Belajar ?

Belajar itu untuk kehidupan di masa mendatang.
tanpa perlu di suapi nasihat sejenis ini ,saya juga sudah paham teori dengan kata-kata klasik begini.
yaaa kalo kata remaja di FTV ,"halaaaahhh ,basi tau gak !"

sejujur-jujurnya saya ...
saya lebih senang berorganisasi ,ngomong cuap-cuap sana kemari
dari pada harus megangin buku hilir mudik karena punya target untuk ulangan di esok hari

lebih baik saya online ,nonton tv ,ataupun tidur-tiduran (semau gue)
dari pada saya harus buat kerutan baru di  dahi mungil saya gara-gara gak ngerti apa yang saya baca di buku pelajaran ...

TAPI ,ayoooolaaaahhh ...
saya sadar dan berusaha bangkit :)
saya berpijak di bumi ini atas kehendak Tuhan YME dan kedua orang tuaku :*
dan gak mungkin dong saya dihadirkan hanya untuk membuang waktu dan mengabaikan ilmu yang setiap hari PDKT dengan saya ...

di masa SMA ini ,di saat saya benar-benar sibuk menggeluti sesuatu yang benar-benar saya cintai .tanpa saya sadari ,perlahan prestasi saya memanjat naik seiring dengan semangat saya berorganisasi .
gak usah tanya kenapa ya ...
saya sendiri juga gak tau jawabannya secara pasti...
Mungkin Tuhan yang begitu baik dengan saya
Mungkin karena ancaman orang tua yang begitu khawatir kesibukan saya menggganggu sekolah
Mungkin juga karena waktu yang menyempit saya justru semakin rajin
Mungkin karena saya selalu merasa bisa melakukan sesuatu (dalam kata lain : PD )
Mungkin juga karena saya bergaul dengan banyak orang di luaran sekolah (luar kandang) yang memiliki pengalaman dan prestasi yang lebih WAW dari pada orang-orang jenius di sekolah saya
dan mungkin karena hadirnya yang begitu memotivasi
yang jelas saya bisa menikmati fungsi manifest dari kegiatan berorganisasi
dan saya bisa mempunyai pandangan tersendiri tentang BELAJAR .

buat saya ,belajar bukan hanya ketika bola mata kita selalu menatap mesra lembaran buku .
belajar juga tidak hanya membaca ,mencatat ,lalu mengerjakan soal .
belajar mempunyai makna yang lebih mengudara ...
Belajar itu memfilterisasi semua teori yang kita terima ,belajar juga berarti kita tidak malu mencoba ,belajar itu bukan sekedar teori omong kosong di lidah tapi juga mencoba berbuat sesuai kaidah ,belajar juga membuat kita mampu membaca situasi serta keadaan real untuk diingat dan dianalisis sesuai kebutuhan .
seperti pepatah : Belajar dari pengalaman
tentu belajar yang dimaksud bukan sekedar mempelajari teks monoton buku ,iya kan ?

intinya ...  taalamuu ilma (tuntulah ilmu)
caranya ?
jangan tanya bagaimana caranya ,karena semua hal di dunia ini tercipta untuk di pelajari .jika bukan kita yang belajar ?lantas ,siapa lagi ?*iklan

mari bersama-sama mencari motivasi belajar yang membara ;)
salam hangat ,
muthia andina pradipta







Komentar

Postingan Populer