Pemanasan Global

ini makalah pengisi nilai tugas bahasa indonesia kelas X sma :|

BAB  I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Fenomena-fenomena alam yang cenderung semakin tidak terkendali belakangan ini. Mulai dari banjir, puting beliung, semburan gas, hingga curah hujan yang tidak menentu dari tahun ke tahun. Sadarilah bahwa semua ini adalah tanda-tanda alam yang menunjukkan bahwa planet kita tercinta ini sedang mengalami proses kerusakan yang menuju pada kehancuran.Hal ini terkait langsung dengan isu global yang belakangan ini makin marak dibicarakan oleh masyarakat dunia yaitu Pemanasan Global.
1.2  Masalah
Berdasarkan pemaparan pada bagian latar belakang.Maka masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah :
1.      Apa yang dimaksud pemanasan global?
2.      Apa saja efek yang ditimbulkan oleh pemanasan global?
3.      Bagaimana cara menghambat efek pemanasan global?
1.3  Tujuan
Makalah ini dibuat agar pembaca mengetahui tentang pemanasan global yang menyerang bumi kita.Selain itu,dapat mengetahui efek pemanasan global beserta cara menghambatnya.
           




BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pemanasan Global
Pemanasan global atau Global Warming adalah kenaikan yang menyeluruh pada suhu dunia yang dapat disebabkan oleh penambahan panas yang terperangkap oleh gas-gas rumah kaca,seperti karbon dioksida dan gas clorofluorocarbon(CFC).Banyak ilmuan menghubungkan pemanasan global dengan bertambahnya gas di rumah kaca.Menurut mereka penambahan ini terutama disebabkan oleh aktivitas manusia sehingga terjadi perubahan iklim yang ekstrim.Hal ini dipengaruhi oleh kenaikan suhu yang disebabkan oleh peningkatan gas-gas tertentu di atmosfer.
Efek rumah kaca atau GreenHouse adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan cara bumi yang tetap hangat oleh panas yang terperangkap oleh gas-gas di atmosfer bagian bawah.Ini terjadi selama berjuta-juta tahun.Tanpa pengaruh rumah kaca,diperkirakan suhu rata-rata pada permukaan bumi akan mencapai -15 (5).Namun,saat ini karbon dioksida,uap air,gas CFC,oksida nitrogen dan metan ,juga menyerap radiasi yang dipantulkan keluar sehingga Jumlah gas-gas berbahaya ini bertambah.
2.2 Efek Pemanasan Global
  • Akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh Pemanasan Global, gletser di enam benua mulai mencair, demikian juga lapisan es di Greenland, juga gletser di puncak-puncak gunung mulai mencair, ini mengakibatkan naiknya permukaan laut, badai yang menghancurkan muncul silih berganti, banjir dan longsor semakin sering terjadi, kekeringan yang melanda pertanian bermunculan di mana-mana.
  • Penyakit tropis menyebar, malaria, demam dengue, demam kuning menyebar ke daerah yang sebelumnya tidak pernah dijangkiti, dan bukan hanya itu, penyakit ini diketahui menjadi semakin ganas.
  • Pemanasan laut menyebabkan rusaknya karang dan matinya kehidupan di situ. Diperkirakan dalam waktu 50 tahun ke depan, seluruh karang laut di dunia ini akan musnah akibat pemanasan laut dan polusi akibat kegiatan manusia.
  • Kerugian lain yang segera akan terjadi adalah semakin berkurangnya keaneka-ragaman hayati dan punahnya beberapa spesies satwa karena perubahan musim, siklus kehidupan, waktu migrasi, berkurangnya daerah jelajah serta berkurangnya persediaan makanan mereka.
Upaya menghambat efek pemanasan global yang telah menyebabkan bencana lingkungan yang terjadi di berbagai bagian bumi dapat dilakukan dengan cara :
·         Pengkajian ilmiah terhadap pengikisan lapisan ozon.
·         Pengkajian ilmiah terhadap pengambilan sumber daya hutan agar tidak melebihi laju perbaikan produktifitasnya.
·         Pelestarian dan penggunaan energi secara efisien.
·         Pencegahan dan pengurangan pencemaran udara,tanah dan air sedini mungkin.
·         Pengembangan teknologi dengan memperhatikan kelestarian lingkungan yang menghasilkan barang-barang yang ramah lingkungan.
·         Penciptaan inovasi atau pembaruan teknologi untuk menjawab tantangan pembangunan,seperti konservasi energi dan bioteknologi.
·         Perluasan informasi terhadap penciptaan teknologi alternatif.
·         Pengembangan teknologi tradisional,seleksi dan adaptasi teknologi impor.
·         Penilaian analisis terhadap kegagalan suatu perancangan teknologi standar pabrik berikut operasinya.
·         Membuat bahan-bahan bertahan lebih lama dengan melakukan daur ulang.
·         Membuat taman nasional sebagai tempat hidup marga satwa yang dilindungi.



BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Semula kehidupan manusia di bumi dikiuasai oleh alam,namun dengan munculnya paradigma baru yang memandang bahwa manusialahyang menguasai dan menjadi pusat (antroposentris).Dalam sistem nilai ini lahirlah anggapan bahwa apa yang ada di bumi ini segala-galanya untuk manusia.Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan yang tidak ramah lingkungan menyebabkan menipisnya persediaan sumber daya alam dan sisa-sisa pengolahan menimbulkan bencana bagi kehidupan manusia.Salah satunya adalah pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim yang ekstrim saat ini .Jika melihat dari sistem antroposentris ,maka manusialah yang seharusnya melakukan upaya pelestarian alam dan menghambat efek pemanasan global.
3.2  Saran
Dari bola batuan cair bumi telah berubah menjadi planet kehidupan,kita harus tetap menjaganya.Upaya menghambat efek pemanasan global bisa dilakukan siapa saja.Tidak harus dalam skala besar,tapi juga bisa dalam skala kecil yang dimulai dari diri sendiri seperti :
1.      Membuang sampah pada tempatnya.
2.      Memunguti sampah untuk menjaga kebersihan.
3.      Mematikan lampu dan alat elektronik jika sudah tidak diperlukan.
4.      Menggunakan air seperlunya saja.
5.      Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor jika tempat yang dituju tidak jauh.
6.      Mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi untuk mengurangi jumlah sampah.
7.      Tidak membakar sampah,merokok,dan mengurangi pemakaian spray yang mengandung gas.
8.      Melakukan penanaman pohon di pekarangan rumah dan sekolah.
Dan masih banyak lagi upaya kecil yang bisa kita lakukan bersama untuk membuat perubahan besar untuk mencegah efek pemanasan global.
Daftar Pustaka

Kusniadi,Edeng,dkk.2004.Modul Geografi Untuk Sekolah Menengah Atas Kelas
         X.Jakarta:Erlangga.
Resosoedarmono,S,K.Kartawinata dan A.Sugiarto.1985.Ekologi.Surabaya:Bina Ilmu.
Riley,Peter.2004.100 Pengetahuan Tentang Planet Bumi.Bandung:Miles Kelly Publishing.
Wat,Fiona dan Francis Wilson.2004.Cuaca dan Iklim.Bandung:Usborne Publishing,Ltd.

Komentar

Postingan Populer